tanaman jagung bijibenih

Cara Budidaya Jagung Agar Hasil Melimpah Ruah

Budidaya adalah hal yang sangat penting perananya bagi kehidupan umat manusia. Semua manusia membutuhkan yang namanya makanan pokok.

Mulai dari beras, gandum, ketala pohon, jagung, sorgum dan beberapa umbi umbian lain merupakan salah satu makanan terbaik.

Untuk itu dikesempatan ini, kami ingin memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan tentang budidaya jagung. Seperti apa saja pembahasannya, silakan simak ulasannya berikut ini.

Tips Budidaya Jagung

Berikut kami sajikan beberapa tips untuk budidaya jagung yang baik dan benar agar kita semua mencapai tujuan akhir yakni panen dengan hasil melimpah ruah. Simak baik-baik artikelnya:

1.Memilih musim yang tepat

Jagung sangat pas ditanam di akhir musim kedua atau musim ketiga penanaman.

Musim ini sangat pas karena hujan sudah tidak terlalu lebat, angin sudah normal dan tentunya suhu yang lebih panas dan sesuai bagi jagung.

Pemilihan musim yang salah sangat mempengaruhi ketahanan hama dan penyakit serta pertumbuhan tanaman jagung.

Misalnya bila ditanam pada musim hujan, jagung rentan terkenal bulai, jika sudah berbuah sering berjamur. Hal ini tentunya akan mempengaruhi hasil panen secara kesuluruhan.

2.Penggunaan bibit jagung yang berkualitas

Banyak sekali jagung yang berkuaitas di pasaran. Misalnya saja bibit jagung bisi 18, jagung pioneer 32, jagung p36 dan lainnya.

Varietas hibrida satu ini sangatlah bagus hasilnya dan lebih tahan terhadap beberapa penyakit seperti bulai dan virus tertentu. Maka dari itulah jagung hibrida menjadi kebanggan banyak orang.

Walau harganya jauh berlipat lipat kali lebih mahal, namun hasil yang didapatkan pun akan berlipat pula.

3.Pemilihan lahan yang cocok

Lahan tegalan sangatlah cocok sebagai tempat tumbuh jagung. Yang terpenting tidak becek dan menggenang banyak air saat terkena hujan atau aliran air.

Usahakan juga pengolahan tanah dilakukan sebaik mungkin dengan cara dicangkul gembur dan diberi pupuk dasar sebelum digunakan.

Saat mulai pengisian, tentunya anda harus menyediakan kebutuhan air yang cukup. Bila sampai kekurangan, hasil yang didapatkan akan menurun karena jagung layu.

Sebenarnya cara menanam jagung di sawah dengan cara menanam jagung di pengunungan sama saja. Yang penting kebutuhan unsur hara, air, dan iklim mikro nya mendukung pertumbuhan jagung.

4.Pemupukan berimbang

Kombinasi pupuk seimbang antara N, P dan K ditambah beberapa jenis unsur mikro dan makro terpadu membuat tanaman sangat bagus.

Jika ditanam dimusim hujan, lebih baik dikurangi unsur N diperbanyak unsur P. Dengan demikian hasil lebih bagus dan tanaman tidak mudah roboh.

Untuk pemupukan awal hindari memupuk sampai telat. Usahakan sedini mungkin. Hal ini dimaksudkan agar nutrisi pupuk tidak diserap oleh rumput.

Demikianlah informasi mengenai tips budidaya jagung yang baik dan benar. semoga hasil panen jagung kita sesuai yang diharapkan dan sesuai perencanaan. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi bermanfaat. Sampai jumpa.

Tags:


Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*